Recent in Technology

Struktur Lapisan Bumi



Di bawah ini akan dijelaskan satu persatu apa saja struktur Bumi ini.


Kerak Bumi (Litosfer)
Lapisan ini terdiri atas dua bagian, yaitu kerak Benua dan kerak Samudra.
1)  Kerak Benua
Mempunyai ketebalan sekitar 40 km. Kerak bumi mempunyai ketebalan tidak sama di setiap tempat. Di bawah benua, kerak bumi rata-rata setebal 30 km, sedangkan dibawah samudera hanya setebal 5-7 kilometer.
Kerak benua yang berupa batuan granit ringan, menjulang lebih tinggi daripada kerak samudera yang berupa basal dan lebih berat. Rata-rata kerak benua berada 850 meter di atas muka laut, dan kerak samudera rata-rata berada pada 3800 meter dibawah permukaan laut. Lapisan atas kerak benua berupa batuan granit ringan, sedangkan lapisan dibawahnya berupa batu basal yang lebih rapat. Lapisan ini menurut istilah geologi terbentuk dari berbagai macam proses.
2)  Kerak Samudera
Mempunyai kekebalan sekitar 10 km. Lapisan atasnya adalah sedimen yang tebalnya mencaoi 800 meter. Kerak samudra yang terus dibentuk oleh letusan gunung berapi sepanjang celah-celah dibawah laut disebut pematang tengah samudra dan umurnya kurang dari 200 juta tahun.

Mantel Bagian Atas (Upper Mantle)
Dicirikan oleh sebaran gelombang gempa rendah yang terdapat di bagian bawah kerak bumi pada kedalaman 400 km. Mantel ini sering disebut sebagai Asthenosfera, yang terdiri atas eklogit atau peridolit yang kaya Fe, Mg, Ca, Na, dan silikat aluminium.

Zona Peralihan (Transition Zone)
Terletak antara kedalaman 400 hingga 1000 km, dicirikan oleh landaian kecepatan gelombang gempa yang tinggi, dan tersusun oleh Mg, Ca, Al, oksida besi, dan silikat.

Mantel Bagian Bawah (Lower Mantle)
Terletak antara kedalaman 1000-2900 km. Dicirikan oleh kenaikan kecepatan gelombang gempa yang relatif sebanding dengan bertambahnya kedalaman. Lapisan ini disusun oleh oksidan besi padat, Mg, dan SiO2.

Inti Bumi
Terbagi menjadi dua, yaitu inti bumi luar (outer core) dan inti bumi dalam (inner core). Inti bumi luar terdapat pada kedalaman 2900-5100 km yang terdiri atas besi dan sejumlah kecil silikat, sulfur, dan oksigen. Sedangkan inti bumi dalam terletak antara 5100-6371 km, terdiri atas besi padat.