Recent in Technology

SEJARAH DAN PROSES TERBENTUKNYA BUMI



Menurut Rittmann (1960), sekitar 4,6 milyar tahun yang lampau, awan, debu, dan gas yang mengapung di ruang angkasa mulai mengecil. Materi pada pusat awan itu mengumpul menjadi matahari. Kira-kira 100 juta tahun yang lalu, sisa gas dan debunya memipih menjadi awan berbentuk cakram di sekitar matahari. Butir-butir debu dalam awan itu saling melekat dan membentuk planet-planet kecil dengan diameter beberapa kilometer. Benda-benda ini bertabrakan dan membentuk planet.
Proses urutan kelahiran Bumi menurut Rittmann adalah :
a.  Bumi mulai terbentuk ketika butir-butir debu dalam cakram awan di sekitar matahari saling melekat. Partikel-partikel ini menggumpal menjadi badan yang lebih besar, kemudian saling bertubrukan dan membentuk benda-benda berukuran planet.
b.  Sisa-sisa dari awan asli berjatuhan,. Energi dari bahan yang jatuh ini bersama dengan pemanasan yang terjadi akibat pelapukan radioaktif menyebabkan melelehnya bumi.
c.  Akibat pelelehan ini, bahan-bahan yang mampat terutama besi tenggelam ke pusat planet dan menjadi intinya. Seluruh permukaan bumi tertutup oleh lapukan batuan yang meleleh. Bahan-bahan yang lebih ringan beralih keluar dan membentuk suatu atmosfer purba.
d.  Akibat aliran cepat dari partikel-partikel bermuatan dari matahari menyapu bersih sisa awan-awan asli dari tata surya sehingga benturannya ke bumi berkurang. Planet itu mendingin dan uap air membentuk awan tebal di atmosfer.
e.  Awan pun mendingin, uap airnya mengembun, dan hujan deras membanjiri bumi. Hujan deras itu mendinginkan bebatuan di permukaan bumi.
f.   Limpahan air dari badai itu menyatu di tempat yang rendah sehingga terjadi awan. Karbondioksida dari udara mulai larut dalam genangan air sehingga planet ini makin menjadi dingin.
g.  Kira-kira 2,5 miliar tahun yang lalu, sebuah bumi yang biru telah muncul. Awan menghilang dan matahari menyinari dunia yang sangat mirip dengan dunia kita sekarang.
Awal sejarah terbentuknya bumi, beberapa lapisan utama memisah di dalam planet. Panas yang dihasilkan oleh tumbuhan-tumbuhan planetoid membuat seluruh planet tetap panas dan meleleh; logam-logam yang lebih berat seperti nikel dan besi tenggelam ke pusat dan membentuk inti berupa logam; sewaktu planet mendingin, magma yang mengelilingi inti mulai berpindah; dan suatu kerak tipis terbentuk pada permukaannya.