Recent in Technology

Tipe Data Sederhana Pemrograman Pascal

Tipe data ini biasanya diartikan sebagai tipe data perubah yang hanya menyimpan nilai data saja. Tipe data ini dapat diklasifikasikan menjadi:

1. Tipe Ordinal

Tipe data ini adalah suatu tipe yang mempunyai jumlah kemungkinan data yang pasti. Karateristik tipe data ordinal adalah:

Ø Nilai dari suatu tipe ordinal merupakan himpunan berurutan (ordered set), dan setiap nilai mempunyai nilai ordinalitas, yaitu nilai integral. Kecuali tipe integer pada tipe data ordinal, nilai pertama mempunyai nilai ordinalitas 0, berikutnya 1 dan seterusnya. Sedangkan tipe data integer nilai ordinalitasnya adalah nilai integer itu sendiri. Semua nilai tipe data ordinal, kecuali yang pertama mempunyai nilai pendahuluannya (predesesor) dan semua nilai kecuali yang terakhir mempunyai nilai yang mengikuti (suksesor).

Ø Fungsi standard Ord dapat diterapkan terhadap tipe data ordinal untuk mengetahui nilai ordinalitasnya.

Ø Fungsi standard Pred dapat digunakan untuk memngetahui nilai pedahulunya. Jika fungsi ini diterapkan pada nilai yang pertama akan menyebabakan kesalahan.

Ø Fungsi standard Succ dapat diterapkan untuk mengetahui nilai yang mengikutinya. Jika fungsi ini diterapkan pada niali terakhir akan menyebabkan kesalahan.

Yang termasuk dalam kategori tipe ordinal adalah:

a. Tipe bilangan bulat (Integer)

Tipe integer adalah bilangan bulat atau tipe data yang nilainya tidak mempunyai titik desimal. Ada 5 tipe data yang termasuk dalam kelompok tipe data ini. Batas nilai masing – masing tipe data ini dapat terlihat pada tabel berikut.

Tabel Tipe Integer

Tipe

Batas Nilai

Ukuran

Byte

0 … 255

1 byte

ShortInt

-128 … 127

1 byte

Word

0 … 65535

2 byte

Integer

-32768 … 32767

2 byte

LongInt

-2147483648 … 2147483647

4 byte

b. Tipe Boolean

Tipe data ini merupakan tipe data logika yang hanya berisi dua kemungkinan nilai yaitu True (nilai benar) dan False (nilai salah). Dalam Turbo Pascal ada 3 macam jenis yaitu, boolean, wordbool dan longbool. Batas nilai masing – masing tipe tersebut dapat terlihat dalam tabel berikut.

Tabel Tipe Boolean

Tipe

Ukuran

Boolean

1 byte

Wordbool

2 byte

Longbool

3 byte

c. Tipe Char

Tipe data ini adalah tipe yang berisi sebuah karakter. Dalam hal ini dapat berupa karakter apa saja. Tipe data ini menyimpan karakter yang diketikkan dari keyboard. Tipe Char memiliki 266 macam yang terdapat tabel ASCII. Contoh: ‘a’, ‘b’, ‘c’, yaitu harus diberi tanda kutip tunggal. Jenis data ini memerlukan alokasi memori sebesar 1 byte untuk masing-masing data.

d. Tipe Enumerasi

Tipe ini merupakan salah satu tipe yang dapat dibuat sendiri oleh pemrogram. Tipe ini biasa digunakan pada variabel yang nilai kemungkinanya terbatas (tidak begitu banyak). Nilainya dinyatakan dengan nama – nama pengenal.

e. Tipe subjangkauan

Subjangkauan merupakan suatu tipe yang menyatakan suatu jangkauan nilai dari suatu tipe data yang sudah ada. Jangkauan nilai ditentukan oleh nilai terkecil dan nilai terbesar. Antara nilai terkecil dan nilai terbesar dipisahkan oleh tanda subjangkauan (…).