Cara Mengobati Kuping Berdering Terus-menerus Tanpa Henti (Tinnitus)

Posted by Bayu


Jika telinga berdering atau sering juga di bilang telinga berdengung dalam waktu yang lama bisa jadi sudah berhari-hari tetapi tidak hilang juga dan jika anda sedang berada diruangan hening yang kedap suara atau saat malam hari ketika tidak ada suara bising terdengar tiba-tiba dari telinga anda terdengar suara berdering sampai mengakibatkan anda susah tidur, bisa jadi itu adalah tinnitus yaitu nama penyakit jika kuping anda berdering dalam waktu yang lama, kali ini saya ingin membagi pengalaman saya saat saya terserang tinnitus dan memberikan tips penyembuhannya sesuai pengalaman saya, penyakit yang satu ini karena saya tidak ingin anak-anak Indonesia ada yang bernasib tragis seperti saya yang sampai saya tidak bisa tidur selama 3 hari berturut-turut karena mendengar suara berdering tersebut.. :0
sungguh terlalu :/
Saat itu jam menunjukkan pukul 1 wita subuh, saat itu saya baru pulang dari gotong royong bersama teman-teman untuk membuat ogoh-ogoh, itu tradisi orang Bali jika menjelang hari raya nyepi, setelah sampai dikamar saya melanjutkan tugas saya dari kampus yang seabrek dan itu betul-betul membuat saya sangat kelelahan dan stress..
Saat tugas selesai, saya cepat-cepat ingin tidur supaya besok pagi bisa bangun dengan vit, karena ada kuliah pagi, belum lagi memikirkan keadaan hati saya yang lagi broken heart karena baru aja putus cinta dan masih banyak masalah lainnya, benar-benar hari yang membuat kepala saya pusing gila :0
karena banyaknya pikiran tersebut, sampai-sampai kepala saya migrain, terasa pusing hanya pada kepala sebelah kanan, saat menahan sakit yang hebat ini di atas tempat tidur, tiba-tiba saja telinga saya mengeluarkan suara yang sangat mengganggu seperti ada suara deringan, setelah saya tunggu selama beberapa jam deringan ini tidak mau hilang juga, saya pun jadi tidak bisa tidur, selama sekian hari sekiranya sekitar 3 hari saya terus melewati hari-hari yang sama saya terus mencari diinternet sebenarnya penyakit saya ini penyakit apa dan bagaimana pengobatannya, tetapi anda tau apa jawabannya..? :l
sangaat mengecewakan dan menyeramkan sekali, sesuai artikel-artikel yang say abaca tinnitus ini penyakit yang susah sekali diprediksi sumbernya ada beberapa sumber penyebabnya sesuai yang saya baca yaitu:
1. karena gendering telinga terkena lendir alias ingus saat pilek.
2. gendering telinga ditempeli kotoran telinga karena sering di bersihkan oleh cottonbud, maka kotoran telinga yang harusnya dikeluarkan malah terdorong kedalam dan mengakibatkan tinnitus.
3. Kerusakan syaraf pada telinga.
4. Karena ada gangguan pada otak, dan mengakibatkan otak mengeluarkan suara berdering.
5. Iritasi pada telinga
Dan parahnya lagi untuk penyembuhannya dikatakan bahwa jika ada orang yang terkena tinnitus sangat susah disembuhkan dan bahkan tidak tersembuhkan karena kesulitan untuk mengetahui sumber penyebabnya dan juga dikatakan bahwa ada banyak orang yang hidup bertahun-tahun dengan tinnitus, sampai-sampai situs bersangkutan menawarkan alat seperti mp3 player yang katanya jika memakai alat tersebut bunyi berdering yang dihasilkan dapat dirubah dengan suara gemercik air jadi bisa membantu saat sedang tidur.
Setelah membaca artikel itu saya sangat terpukul sekali, saya meratapi nasib saya kenapa begini Tuhan,
Terlintaslah dipikiranku bahwa hari-hari ku yang indah dan damai dengan tidurku yang tenang dan nyaman sudah berakhir..
Ada juga yang menyarankan untuk olah raga secara teratur dan makan makanan bergizi, kemudian jangan terlalu hiraukan tinnitus anda agar tidak membuat anda stress.

sampai saatnya di hari sabtu alias weekend, segala aktivitas saya bener-bener terkurangi, saya merasa lebih vit karena tidak banyak aktivitas dan kuliah juga libur, tidak terlalu banyak pikiran dan banyak waktu luang maka mumpung ada waktu saya pun berencana untuk kedokter untuk mengobati penyakit saya walau sudah iklas jika apa yang saya baca diartikel internet itu akan benar-benar terjadi..
tetapi tidak disangka-sangka kuping saya malah tidak berdering lagi saat hari itu, saya sudah mengujinya dengan berada di tempat yang hening dan menutup kuping ternyata suara itu tidak muncul lagi padahal saya tidak ada melakukan apa-apa pada kuping saya, maka saya pun bersyukur kepada Tuhan karena sudah menyembuhkan saya, jadi saya tidak perlu keluar biaya ke dokter... 0:D

Saat malam tiba saya teringat lagi tentang tragedi putus cinta yang saya alami, saya pun jadi galau sampai-sampai saya memikirkannya sampai larut malam dan buat otak saya stress lagi gara-gara galau, tiba-tiba malam itu kembali lagi si tinnitus ini muncul di kehidupan saya, akan tetapi suara deringannya lebih kecil dari sebelumnya..
jadi dari sana lah saya menarik kesimpulan, telinga saya yang berdering berhari-hari ini tanpa henti-henti dikarenakan oleh otak saya yang kelelahan karena stress memikirkan masalah saya, selain itu tubuh saya juga tidak vit, jadi menurut saya cara menyembuhkannya adalah berusaha menenangkan diri, walau kuping terus berdenging, berusaha lah tidak memikirkan itu atau masalah apapun, releks dan makan makanan bergizi, selain itu yang sangat penting adalah jangan tidur larut malam alias begadang, hindari sementara suara yang keras karena ada artikel yang mengatakan itu, selain itu saya juga gemar sekali musik hardcore. Dengan begitu otak tidak bekerja berat dan tubuh kita tidak lelah kemudian tinnitus pun hilang, telinga menjadi normal kembali, kehidupan yang damai pun tercapai 0:)
Tambahan sedikit jika penyebabnya tinnitus anda adalah karena iritasi pada telinga beli lah obat tetes telinga yang mengandung Chloramphenicol maka tinnitus akan hilang setelah menggunakan obat tetes itu. Karena itu juga penyebab tinnitus saya, dan saya sudah menggunakan obat ini ternyata mujarab, tidak ada lagi suara berdering atau mendenging pada telinga.
Sekian tips dari saya semoga membantu menuntaskan masalah.