Recent in Technology

Pengusir Tikus Alami

Bagi sodara-sodara pengunjung situs belajar oh belajar (bob) yang saya cintai, pernahkan anda mengalami serangan tikus di rumah anda? tiba-tiba beras berserakan, loteng rumah berisik, ayam goreng yang anda masak tiba-tiba raib atau kekasih hati anda pingsan tiba-tiba setelah tikus lewat, ini memang masalah yang sangat menyebalkan, racun-racun tikus berzat kimia sangat tidak nyaman di gunakan dan mahal, dari masalah tersebut saya akhirnya mendapat jawabannya yang tentu saja berdasarkan pengalaman pribadi saya yang spektakuler dan mendidik, yaitu cara mendapatkan pestisida alami (biopestisida) untuk tikus yang:
  • ramah lingkungan
  • murah bahkan gratis
  • mudah di gunakan
  • gampang di cari alias banyak di temukan bahkan dari sudut kota hingga pedesaan
Semua ini berawal pada suatu malam dengan perut keroncongan, saya pun memutuskan untuk membeli nasi goreng, kemudian di perjalanan saya melihat ada 2 orang mencurigakan, 1 orang menaiki pohon tidak di kenal dan satu orang lagi menunggu di bawah dengan karung yang di bawanya. Pohon ini sangat banyak jumlahnya di pinggiran jalan dan buahnya sangat banyak ada yang warna hijau dan ungu, buahnya menyerupai buah mangga kira-kira seperti ini bentuknya sodara-sodara:


Orang mencurigakan itu memetik buah buah tersebut dan memberikan pada rekan sejawatnya yang ada di bawah kemudian langsung di masukan ke dalam karung. buahnya cukup banyak dan cukup banyak juga orang yang seliweran di daerah tersebut, tetapi baru kali ini saya melihat ada orang yang sampai segitunya bernafsunya memetik buah ini, karena saya sendiripun berpikir buah tersebut tidak berguna dan tidak bisa di makan walaupun wujudnya serupa dengan mangga muda yang bikin saya ngiler,Berikut wujud pohon yang buahnya mirip mangga muda di atas:


Saya sempat menertawakan 2 orang mencurigakan tersebut dalam hati karena saya pikir mereka mengira buah aneh itu adalah mangga muda yang bisa di pakai rujak buah yang bikin ngiler padahal pohonnya saja tidak ada mirip-miripnya dengan pohon mangga, dalam hati saya berkata "kalau mau maling tolong yang cerdas biar bisa bedakan mana pohon mangga dan yang bukan" dan saya pun melanjutkan perjalanan ke abang nasi goreng sambil tertawa-tawa kecil dalam hati. Sepulangnya dari abang nasi goreng dan abang rujak buah keliling karena tiba-tiba ngidam rujak gara-gara melihat dua orang misterius di jalan, saya melintasi jalan yang sama dan melihat dua orang misterius sebelumnya tersebut sudah siap-siap pulang membawa hasil jarahannya 3 karung goni buah mirip mangga muda pinggir jalan, melihat hal tersebut saya hanya bisa geleng-geleng kepala sambil tertawa kecil.

beberapa hari setelahnya kakak sepupu saya cerita kalau dia pergi ke pasar burung untuk membeli kelinci, saya sempat heran kenapa kelinci bisa tersasar ke pasar burung bukannya ada di pasar kelinci, namun yang paling mengejutkan adalah sepupu saya menceritakan pada saya kalau dia membeli buah misterius yang bisa mengusir tikus dan setelah di praktikan olehnya dengan cara menaruh buah tersebut di titik-titik yang sering di lewati tikus, hasilnya tikus-tikus di rumahnya kabur dan bahkan ada yang muntah serta mondar-mandir tidak jelas kemudian mati, mendengar cerita tersebut saya sangat penasaran dan beruntungnya dia mempunyai foto buah tersebut di ponselnya, setelah saya lihat ternyata sangat tidak terduga buah itu mirip dengan mangga muda yang banyak di pinggir jalan dan di jarah oleh 2 orang misterius pada tempo hari. Sepupu saya dengan bangga mengatakan buah ini namanya Buah Bintaro. Saudara-saudara yang terpelajar khususnya yang tinggal di Jakarta mungkin sudah tidak asing mendengar kata Bintaro karena di jadikan nama jalan yang cukup terkenal di ibu kota.

Saya pun menjelaskan kepada sepupu saya kalau buah bintaro ini ada banyak di jalanan tidak perlu beli lagi, dan kami pun bersekongkol untuk memetik buah bintaro di pinggir jalan kota kami, namun hanya bisa memetik buah yang pendek-pendek saja dan memungut buah yang memang sudah jatuh, ada beberapa orang lewat yang melihat kami sinis dan senyum-senyum geli melakukan aktifitas berburu bintaro mungkin ini yang di sebut dengan karma buah bintaro jadi jika saudara-saudara melihat orang yang memetik buah ini di jalanan jangan di tertawakan karena seyogyanya orang tersebut adalah orang yang sangat terpelajar yang mengetahui manfaat luar biasa buah tersebut dan bukan lah orang stress atau terkebelakangan mental yang mengira buah tersebut mangga muda.

Saya juga sudah melakukan googling dan mendapati bahwa buah ini mengandung senyawa cardiac glycoside cerberin yang sangat beracun, oleh suku-suku pedalaman buah ini di gunakan untuk meracuni buruan, cairan buahnya di lumuri pada tombak atau panah berburu, Dinas Pertamanan menggunakan pohon ini untuk penghijauan jalan karena pohon ini sangat mudah beradaptasi dan cepat tumbuh besar, jadi jangan heran jika banyak di pinggir jalan anda melihat pohon bintaro. di India bahkan buah ini di makan untuk bunuh diri jadi mohon jauhkan buah ini dari jangkauan anak-anak dan jika anda menemukan buah yang mirip-mirip mangga muda tergeletak di pinggir jalan maka sebaiknya anda harus curiga dan berhati-hati, jangan sampai buah tersebut langsung anda hidangkan menjadi rujak buah yang bikin ngiler, bisa-bisa anda sekeluarga bukan hanya ngiler tapi muntah busa, karena ternyata buah tersebut adalah buah bintro bukan mangga muda gratisan yang tergeletak di pinggir jalan, untuk yang berada di pedesaan biasanya pohon bintaro banyak di temukan di ladang atau sawah sebagai sumber oksigen dan pengusir hama tikus dan serangga, salah satu artikel di internet juga menyebutkan bahwa bauh bintaro yang rontok dan jatuh kedalam got maka jentik nyamuk di dalamnya mati seketika, satu lagi fakta menarik dari buah bintaro bahwa bahasa inggris dari buah bintaro adalah sea mango, ternyata tidak hanya saya, tetapi orang barat pun beranggapan buah ini menyerupai mangga. Untuk melihat cara penanaman Pohon Bintaro bisa klik disini.
Sekian info yang saya berikan semoga bermanfaat untuk rekan terpelajar sekalian. Salam Belajar.