Recent in Technology

Mengatasi google chrome, mozila tidak dapat akses internet

Saya mengalami masalah yang langka tempo hari, saat saya ingin mengakses internet tiba-tiba tidak bisa di akses padahal wifi saya sudah terkoneksi, saya coba dengan browser lain juga tidak bisa mengakses internet, saya buka aplikasi chating juga tidak dapat di gunakan, namun anehnya saat saya pakai laptop lain malah lancar-lancar saja.

Segala cara sudah saya coba dari scan dengan anti virus, instal ulang browser, mencoba gunakan software khusus untuk menghilangkan trouble jaringan internet, instal ulang driver, restart wifi, restart laptop dan lain-lain namun hasilnya nihil...

Akhirnya saya iseng cek settingan proxy salah satu browser, ternyata tersetting menggunakan proxy, ini sangat aneh sekali padahal sebelumnya saya tidak pernah melakukan penyetingan proxy dan anehnya settingan proxy ini berubah pada semua browser saya.
Setelah saya cari-cari di internet kenapa bisa demikian, saya mendapatkan jawabannya yaitu karena kemungkinan ada suatu malware atau software yang ada di komputer kita mengubah settingan tersebut tanpa kita sadari, jadi jika ada software yang mencurigakan sebaiknya di uninstal.



Setelah saya nonaktifkan proxy tersebut pada masing-masing browser, ternyata internet dapat di gunakan lagi dengan normal.
Berikut adalah cara menonaktifkan proxy browser agar dapat di gunakan secara normal pada Browser Mozila Firefox dan Google Chrome:

Setting proxy pada Mozila Firefox

pertama pilih option seperti gambar di bawah:

kemudian pilih setting pada tab network seperti gambar di bawah:


terakhir pilih no proxy.


Setting proxy pada Google Chrome

pilih setting seperti gambar di bawah:

pilih show advance setting.


pilih change proxy setting lalu LAN setting.



terakhir hilangkan tanda centang pada bagian yang di beri tanda merah seperti gambar di bawah.


Semoga tips di atas dapat membantu menyelesaikan masalah anda, terimakasih.