Berikut akan dijelaskan dari pada paragraf persuasi dan paragraf argumentasi
Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal 5 jenis paragraph berbeda yang didasarkan oleh tujuan penulisnya, yaitu :
· Paragraf Narasi
· Paragraf Deskripsi
· Paragraf Eksposisi
· Paragraf Argumentasi
· Paragraf Persuasi
Dalam pembahasan ini, kita hanya akan menekannya paragraph argumentasi dan paragraph persuasi.
- PARAGRAF ARGUMENTASI
Paragraf Argumentasi adalah jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta ( benar-benar terjadi ). Paragraf Argumentasi biasanya bertujuan membuat pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.
1. STRUKTUR PARAGRAF ARGUMENTASI
- Pernyataan Masalah
- Alasan / data / fakta pendukung
- Pembenaran berdasarkan data / fakta
- Kesimpulan
Ciri-ciri Paragraf argumentasi adalah:
Tujuan yang ingin dicapai melalui pemaparan argumentasi, adalah :
1. melontarkan pandangan / pendirian
2. mendorong atau mencegah suatu tindakan
3. mengubah tingkah laku pembaca
4. menarik simpati
Tahap – Tahap Meyusun Karangan Argumenatsi :
· Menentukan topik / tema
· Menetapkan tujuan
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber
· Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topic yang dipilih
· Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi
Contoh Paragraf Argumentasi adalah :
Menyetop bola dengan dada dan kaki dapat ia lakukan secara sempurna. Tembakan kaki kanan dan kiri tepat arahnya dan keras. Sundulan kepalanya sering memperdayakan kiper lawan. Bola seolah-olah menurut kehendaknya. Larinya cepat bagaikan kijang. Lawan sukar mengambil bola dari kakinya. Operan bolanya tepat dan terarah. Amin benar-benar pemain bola jempolan.
2. PARAGRAF PERSUASI
Paragraf Persuasi merupakan paragraf yang berisi imbauan atau ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu seperti yang diharapkan oleh penulisnya. Paragraph persuasi biasanya disertai penjelasan dan fakta-fakta sehingga meyakinkan dan dapat mempengaruhi pembaca.
Pendekatan yang dipakai dalam persuasi adalah pendekatan emotif yang berusaha membangkitkan dan merangsang emosi.
· Propaganda kelompok / golongan
· Iklan dalam media massa
· Selebaran / pamflet
· Kampanye
· Iklan
CIRI - CIRI PARAGRAF PERSUASI
· Berupa bujukan dan ajakan
· Bersifat mempengaruhi
Contoh Paragraf Persuasi adalah :
Menabung uang di bank lebih aman dan menguntungkan. Uang kita akan mendapat keuntungan dari bank sesuai dengan uang tabungan yang telah disetor. Uang kita juga akan terjaga keamanannya dari pencurian. Oleh karena itu marilah kita menabung uang di bank sebagai jaminan masa depan kelak.
Social Plugin