Recent in Technology

Kirim-kiriman Pesan di Facebook Sekarang Harus Bayar? Benarkah?

Siapa yang tidak mengetahui Facebook, sosial media yang paling populer saat ini benar-benar menggemparkan dunia komunikasi, semua orang senang menggunakan Facebook karena memberikan kemudahan bagi pengguna dalam berbagi media digital seperti gambar, file dokumen, video dan lain-lain, selain itu pengguna juga di mudahkan karena pengguna dapat melakukan broadcast informasi kepada teman-teman yang terhubung dengan pengguna, selain berkomunikasi dengan teman-teman sendiri pengguna Facebook juga dapat mencari kenalan baru dari seluruh dunia bahkan ada juga yang menggunakan Facebook untuk sarana berbisnis dan masih banyak lagi kegunaan lain dari sosial media ini dam hebatnya semua itu dapat di lakukan dengan gratis.
Namun tahukah anda bahwa sekarang Facebook mengenakan tarif pembayaran bagi penggunanya yang ingin menggunakan fasilitas kirim pesan?
Buktinya bisa di lihat pada gambar di bawah ini:

Bukti ini saya dapatkan saat saya ingin melakukan message ke teman lama saya waktu sekolah dasar dulu, dia tidak kunjung mengconfirm ajakan pertemanan saya, maka dari itu saya mencoba mengirimkannya message/pesan, namun tidak kunjung mendapat balasan, saya pun kembali mencoba mengirimkan pesan, namun saya tertarik untuk membaca tulisan di bagian bawah kolom tulis pesan yang sebelumnya saya tidak hiraukan, ternyata di bagian bawah tersebut berisikan peringatan jika ingin mengirim pesan secara langsung maka saya harus membayar uang sebesar seribu empat ratus tiga puluh enam rupiah. Setelah melihat hal tersebut saya pun panik karena sebelumnya saya sering menggunakan fasilitas message, namun setelah saya coba melakukan message ke teman saya di Facebook ternyata pesan saya terkirim dengan baik, ternyata keharusan untuk membayar itu hanya berlaku jika kita mengirim pesan kepada orang yang bukan menjadi teman kita di Facebook, walaupun sedikit lega mengetahui hal tersebut, namun saya sedikit merasa sedih karena seingat saya saat awal-awal Facebook berdiri saya masih bisa melakukan kirim pesan walaupun kepada orang yang bukan menjadi teman Facebook saya, jadi saya merasa kebebasan saya sedikit terbatasi sekarang dalam menggunakan Facebook. Saya sebagai pengguna setia Facebook berharap di kemudian hari tidak ada lagi fasilitas-fasilitas Facebook yang di kenai biaya dalam akses penggunaannya.