Recent in Technology

Cara Mengobati Kuping Berdering Terus-menerus Tanpa Henti (Tinnitus)


Jika telinga berdering atau sering juga di bilang telinga berdengung dalam waktu yang lama bisa jadi sudah berhari-hari tetapi tidak hilang juga dan jika anda sedang berada diruangan hening yang kedap suara atau saat malam hari ketika tidak ada suara bising terdengar tiba-tiba dari telinga anda terdengar suara berdering sampai mengakibatkan anda susah tidur, bisa jadi itu adalah tinnitus yaitu nama penyakit jika kuping anda berdering dalam waktu yang lama, kali ini saya ingin membagi pengalaman saya saat saya terserang tinnitus dan memberikan tips penyembuhannya sesuai pengalaman saya tentang penyakit yang satu ini karena saya tidak ingin anak-anak Indonesia ada yang bernasib tragis seperti saya yang sampai tidak bisa tidur selama 3 hari berturut-turut karena mendengar suara berdering tersebut.. :0
sungguh terlalu :/
Saat itu jam menunjukkan pukul 1 wita subuh, saat itu saya baru pulang dari gotong royong bersama teman-teman untuk membuat ogoh-ogoh, itu tradisi orang Bali jika menjelang hari raya Nyepi, setelah sampai dikamar saya melanjutkan tugas saya dari kampus yang seabrek dan itu betul-betul membuat saya sangat kelelahan dan stress..
Saat tugas selesai, saya cepat-cepat ingin tidur supaya besok pagi bisa bangun dengan fit, karena ada kuliah pagi, belum lagi memikirkan keadaan hati saya yang lagi broken heart karena baru aja putus cinta dan masih banyak masalah lainnya, benar-benar hari yang membuat kepala saya pusing gila :0
karena banyaknya pikiran tersebut, sampai-sampai kepala saya migrain, terasa pusing hanya pada kepala sebelah kanan, saat menahan sakit yang hebat ini di atas tempat tidur, tiba-tiba saja telinga saya mengeluarkan suara yang sangat mengganggu seperti ada suara deringan ngiiiiiiiiiiingg seperti itu, setelah saya tunggu selama beberapa jam deringan ini tidak mau hilang juga, saya pun jadi tidak bisa tidur, selama beberapa hari sekiranya sekitar 3 hari, saya terus melewati hari-hari yang sama saya terus mencari diinternet sebenarnya ini penyakit apa dan bagaimana pengobatannya, tetapi anda tau apa jawabannya..?
sangaat mengecewakan dan menyeramkan sekali, sesuai artikel-artikel yang saya baca tinnitus ini penyakit yang susah sekali diprediksi sumbernya ada beberapa sumber penyebabnya sesuai yang saya baca yaitu:

  1. karena gendering telinga terkena lendir alias ingus saat pilek.
  2. gendering telinga ditempeli kotoran telinga karena sering di bersihkan oleh cottonbud, maka kotoran telinga yang harusnya dikeluarkan malah terdorong kedalam dan mengakibatkan tinnitus.
  3. Kerusakan syaraf pada telinga.
  4. Karena ada gangguan pada otak, dan mengakibatkan otak mengeluarkan suara berdering.
  5. Iritasi pada telinga
ke 5 tadi cuma faktor yang paling umum terjadi, masih ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab, dan parahnya lagi untuk penyembuhannya dikatakan bahwa jika ada orang yang terkena tinnitus sangat susah disembuhkan dan bahkan tidak tersembuhkan karena kesulitan untuk mengetahui sumber penyebabnya dan juga dikatakan bahwa ada banyak orang yang hidup bertahun-tahun dengan tinnitus, sampai-sampai situs bersangkutan menawarkan alat seperti mp3 player yang katanya jika memakai alat tersebut bunyi berdering yang dihasilkan dapat dirubah dengan suara gemercik air jadi bisa membantu saat sedang tidur.
Setelah membaca artikel itu saya sangat terpukul sekali, saya meratapi nasib saya, apa iya saya harus pakai mp3 player itu tiap mau tidur...
Ada juga yang menyarankan untuk olah raga secara teratur dan makan makanan bergizi, kemudian jangan terlalu hiraukan tinnitus anda agar tidak membuat anda stress, saat itu saya merasa tidak percaya kok olah raga bisa sembuhkan tinnitus apa hubungannya..

sampai saatnya di hari sabtu alias weekend, segala aktivitas saya bener-bener terkurangi, saya merasa lebih fit karena tidak banyak aktivitas dan kuliah juga libur tidak ada tugas saya coba untuk santai tidak banyak pikiran dan menonton film kesukaan lalu beryoga dan tidak banyak gerak sambil melihat lihat tanaman tanaman hijau di teras rumah dengan santai dan pikiran yang relax, keesokan harinya mumpung banyak waktu luang saya pun berencana untuk kedokter untuk mengobati penyakit saya walau sudah iklas jika apa yang saya baca artikel internet itu akan benar-benar terjadi..

tetapi tidak disangka-sangka kuping saya malah tidak berdering lagi saat hari itu, saya sudah mengujinya dengan berada di tempat yang hening dan menutup kuping ternyata suara itu tidak muncul lagi padahal saya tidak ada melakukan apa-apa pada kuping saya, maka saya pun bersyukur kepada Tuhan karena sudah menyembuhkan saya, jadi saya tidak perlu keluar biaya ke dokter... 0:D

Namun sialnya saat malam hari tiba saya entah kenapa saya teringat lagi tentang tragedi putus cinta yang saya alami dan malah jadi galau kebawa perasaan, saya memikirkannya hal itu sampai larut malam sampai galau dan buat otak saya stress saya pun tak bisa tidur jadinya, akhirnya efeknya adalah lagi-lagi secara tiba-tiba si tinnitus ini muncul di kehidupan saya, akan tetapi suara deringannya lebih kecil dari sebelumnya...
jadi dari sana lah saya menarik kesimpulan, telinga saya yang berdering ini dikarenakan oleh otak saya yang kelelahan karena stress memikirkan masalah saya, selain itu tubuh saya juga tidak fit karena aktifitas yang melelahkan, jadi menurut saya cara menyembuhkannya adalah berusaha menenangkan diri, walau kuping terus berdenging, berusaha lah tidak memikirkan itu atau masalah apapun, releksasikan badan dan pikiran, penting juga makan makanan bergizi agar badan tetap fit, selain itu yang sangat penting adalah jangan tidur larut malam alias begadang kalau besoknya ada aktifitas di pagi hari, karena ini sumber stres yang cukup dominan, kalau pun harus begadang usahakan tidur sampai 8 jam jangan sampai kurang tidur, hindari sementara suara yang keras, dengan begitu otak tidak bekerja berat dan tubuh kita tidak lelah badan menjadi relax pikiran pun juga tidak stres, kemudian tinnitus pun bisa hilang dengan sendirinya, telinga menjadi normal kembali, kehidupan yang damai pun tercapai 0:)

Tambahan sedikit menurut info yang saya baca di forum forum tentang kesehatan telinga, jika penyebabnya tinnitus anda adalah karena iritasi pada telinga cara di atas juga bisa membantu namun akan lebih cepat dan efektif menurut saya bila di beri obat tetes telinga, kebetulan saya dulu juga punya kebiasaan buruk karena suka korek kuping dengan kuku yang membuat kuping iritasi, Bisa dicek obat tetes telinga di tokopedia dengan klik disini obat ini sudah ijin BPOM jadi aman. Jika cara di atas juga tidak berhasil dan telinga anda masih bermasalah selama berminggu-minggu sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Sekian pengalaman pribadi dari saya semoga dapat membantu menyembuhkan telinga anda dari Tinnitus, mohon like fans page facebook blog ini untuk support saya menulis lebih banyak lagi berbagai arikel yang berguna bagi orang banyak. Terima kasih.